Selasa, 03 Juni 2014

TUGAS PRAKTIKUM MODUL 1




1)      MENGENALI PERANGKAT KERAS ( HARDWARE )

KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared.

MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi.

MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.

PRINTER
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.

SPEAKER
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

MAINBOARD
Berbentuk papan dan terdapat lubang – lubang kecil sebagai tempat menancapkan komponen – komponen computer. Merupakan papan induk penghubung semua alat ppenghubung semua hardware processing dari processor sampai DVD-RAM.

PROCESSOR
Adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun.processor dapat dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor itu bekerja dalam satuan Hertz(Hz).

RAM
Merupakan suatu hardware yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan smentara yang prinsipnya jika komputer hidup data yang sedang diproses akan terus diproses jika komputer dimatikan data ynag diproses akan hilang karena bersifat remanen/sementara.

HDD
Adalah hardware penyimpana dalam ukuran yang sangat besar dan untuk menyinpan data apa saja.saat ini ukuran terbesar dari HDD adalah 1.5 TB/1500 GB.

VGA CARD
Adalah hardware yang berfungsi untuk memproses data grafus misalakan dalam bermain sebuah game VGA card tersebut memproses grafis yang ada dalam sebuah game tersebut,dalam hardware in terjadi suatu kemajuan yang sangat pesat seiring adanya game-game berkualitas grafis tinggi.

POWER SUPPLY
Suatu hardware yang berfunsi sebagai penyalualiran listrik yang berada didalam komputer jika hardware ang berada didalam komputer tidak dialiri listrik maka suatu PC tidak bisa menyala.

DVD-RAM
Adalah hardware yang berfungsi untuk menulis dan membaca kepingan CD maupun DVD kemapuannya dapat diukur dengan cara melihat kecepatan baca dan tulis dari DVD-RAM tersebut misalkan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD dan 52X kecepatan baca dan tulis di CD.


2)      SIMULASI PERAKITAN KOMPUTER PADA IT ESSENTIAL VIRTUAL DEKSTOP

1.                  Pertama-tama bagaimana cara menghidupkan CPU yang kondisinya hardware belum terpasang seperti   
            ini dan untuk merakit PC yang sebenarnya

   Gambar di atas ini kondisi alat alat PC yang belum terpasang

Pertama yang di lakukan buka CPU kemudian pasang POWER SUPPLY terlebih dahulu socketya tancapkan pada tempatya selesai terpasang, pasang HATSING pada tempatya disitu ada 4 kaki hatsing untuk menahan kipas dari processor dan jangan lupa kabel socketya pasang pada tempatya,kemudian pasang juga kabel dari HARDISK dan pasang RAM juga dan caranya memasang RAM pastikan pemasanganya benar dan tidak terbalik, setelah terpasang kuncilah memory tersebut pada kedua pinggiranya dengan kunci socket memory. semuanya terpasang jangan lupa pasang kabel socket 4 penjantan yaitu namanya (power SN) (HDDled) (beset SW) (power LED) ini fungsinya untuk bias menyambungkan / menyalakan PC pada MONITOR apabila salah dalam pemasangan akan mengakibatkan PC tidak menyala.cara memasang pastikan pada tempatya dan tulisanya menghadap keluar . Dan yang terakhir pasang socket-socket kabel yang berhubungan dengan power listrik dan PC ke MONITOR seperti gambar di atas socket VGA, socket PS2,socket mouse dll.


Berikut hasil pemasanganya seperti gambar di bawa ini :




3) MENGHIDUPKAN KOMPUTER YANG TELAH DIRAKIT DAN MENCOBA  KONFIGURASI BIOS.

Hidupkan komputer yang telah di rakit, sebelumnya pastikan kabel power ke listrik sudah menancap
      Kemudian tekan tombol on/off pada pc
      Tekan DEL/F1 pada saat computer menyala
      Lalu akan muncul booting apa yang di perintahkan


4)      KESIMPULAN PADA SAAT SAYA PRAKTIKUM
Pertama – tama waktu mulai praktek, kami dijelaskan tentang hardware yang ada dan yang akan digunakan untuk praktek serta fungsi dari masing – masing hardware tersebut, kemuadian kami mulai melakukan perakitan komputer mulai dengan pemasangan power supply dan di lanjutkan pada pemasangan kipas/hatsing untuk mendinginkan processor, lalu  juga memasang kabel kabel seperti hardisk HDD LED dll setelah semuanya terpasang seperti di atas, saya coba hidupkan tapi ada masalah karena PC tidak mau menyala padahal power sudah ON. Akhirnya saya cek lagi dari awal, semua socket saya periksa kembali. Setelah selesai semua, tiba – tiba kipasnya menyala dengan sendirinya padahal tombol PC belum saya nyalakan, akhirnya kabel power saya cabut dari PC, dan sempat diperiksa oleh Asleb tapi dalam pemasangan hardware tidak ada masalah, hanya hanya pada kipasnya coba digoyah – goyahkan. Setelah itu saya pasang kembali kabel powernya dan kipasnya sudah tidak menyala dengan sendirinya. Akhirnya saya nyalakan PC dan akhirnya berhasil booting. Untuk permasalah kipas tadi, ada kemungkinan masalah di kipasnya yang sudah mulai troble.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar